Jumat, 08 November 2013

INTERNET SEHAT DAN AMAN

Halo teman-teman, pada post pertama ini saya akan membahas tentang Internet Sehat dan Aman. 



Nah, sebenernya apa sih internet sehat itu? 
Internet sehat adalah program komunikasi/kampanye yang digagas, dinisiasi dan dijalankan oleh Center for Ict Studies Foundation (ICT Watch) sejak tahun 2002.




Internet sehat sebagai sebuah gerakan akar rumput (grassroot), bertujuan untuk mengenalkan/mempromosikan/menggiatkan pengunaan Internet yang aman dan nyaman, bermanfaat dan bertanggung jawab kepada seluruh pemangku kepentingan  termasuk pemerintah, swasta, dan khususnya dari institusi dunia pendidikan (SD s/d SMA) dan keluarga.

Internet  Sehat mencakup segala hal yang berkaitan dalam akses mengakses internet yang memilliki nilai positif bagi para pengguna internet agar senantiasa memberikan hal yang terbaik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Internet sehat ini digunakan untuk menghindari beberapa faktor diantaranya:
  1. Pornografi
  2. Perjudian Online
  3. Penipuan Online Shop
  4. Pelanggaran Hak Cipta
  5. CyberBullying
    Dll.




Dan ada banyak cara untuk ber-internet sehat dan aman misalnya saja dengan 

  1. membatasi pemasangan foto atau video di internet
  2. memasang aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki pada komputer
  3. membatasi pemberian informasi yang bersifat pribadi (seperti alamat, nomor telepon, data orangtua, dll) melalui internet, baik di akun pribadi atau kepada teman chatting
  4. dan masih banyak lagi.

Menkominfo pun juga telah meresmikan program internet sehat “Insan” (Internet Sehat dan Aman) pada 23 Februari 2009, melalui SK Menkominfo No.28/KEP/M/Kominfo/1/2009 tentang TIM Sosialisasi Internet Sehat yang berisi “Mereka yang terbukti menyebarluaskan informasi tersebut dapat dipidana pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) / Pasal 27 ayat 1, berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)”

Maka dari itu, kita sebagai warga negara dan pengguna internet yang baik hendaknya kita selalu membudayakan untuk ber-internet sehat dan aman agar terhindar dari bahaya internet.



 CINTAILAH  INDONESIA


0 komentar:

Posting Komentar