Rabu, 13 November 2013

Indahnya Pantai Belitung

halooo di post kedua ini saya akan membahas tentang destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi, salah satunya adalah PULAU BELITUNG 

kalian pernah nonton Laskar Pelangi kan? pasti pernah deh. Pantainya indah baget kan? pasti iya deh. naaah lokasi syuting film itu adalah di PULAU BELITUNG   



Belitung atau Belitong  adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih , dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. 
Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.
Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. 
Adapun tempat wisata yang cukup popular di pulau Belitung ini adalah

  • Pantai Tanjung Kelayang
  • Pulau Batu Berlayar
  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Pulau Burung Mandi
  • Pulau Lengkuas
  • dan masih banyak lagi
Tanjung Kelayang 
Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai terindah di Belitung, pusat rekreasi pantai yang secara periodik di singgahi oleh ratusan perahu yacht dari manca negara dalam event Sail Indonesia. Tempat ini juga merupakan pelabuhan yang digunakan wisatawan untuk melakukan tour island hopping yang paling banyak diminati wisatawan yang datang ke Belitung. Pantai ini terletak 27 km di Utara kota Tanjungpandan.

Tanjung Kelayang sudah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat rekreasi sejak dahulu. Pemandangan paling menarik adalah pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak kira-kira 300 meter dari ujung pantai. Bentuk batu mirip kepala seekor burung, itulah yang menjadikan nama tempat ini sebagai Tanjung Kelayang, dimana Kelayang adalah nama salah satu jenis burung. Penduduk sekitar menamakan batu yang berbentuk seperti kepala burung dengan nama yang lebih istimewa yaitu Batu Garuda.





Pulau Batu Berlayar
Batu Berlayar (Sailing Rock) adalah sebuah formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal ya. Formasi itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu BerlayarAda satu bagian yang unik dari pulau Berlayar, yaitu sebuah batu granit di tepi pantai yang sebagian tertutup air dimana bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu atau mirip juga dengan gigi ikan hiu. Batu ini sering diabadikan oleh para fotografer karena bentuknya yang unik dengan mercusuar pulau Lengkuas sebagai latar belakang pemandangan. Di pulau ini, pasir putih di pulau ini hanya akan tampak pada saat air laut surut, artinya perahu hanya akan bisa berlabuh pada saat air surut juga.




Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai tercantik dan paling terkenal di Belitung, lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Pantai berpasir putih dengan dekorasi batu-batu granit raksasa 30 km di Utara kota Tanjungpandan. Pantai ini diapit oleh dua semenanjung. Pantai ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Anda bisa naik, berjalan dan melompat diantara granit untuk menikmati pemandangan eksklusif dari setiap sudut anda berdiri. 




Pantai Burung Mandi
Pantai Burung Mandi ini adalah pantai berpasir putih seperti umumnya pantai-pantai Belitung, tetapi uniknya anda tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini kecuali hanya pasir putih sepanjang pantai dan ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Di latar belakang anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi. Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang. Jarak Burung Mandi ke bandara kira-kira 70km, bisa ditempuh dalam satu jam. Tidak ada hotel di sekitar tempat ini, kota terdekat adalah Manggar, berjarak 18km.




Pulau Lengkuas
Lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2m. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Air lautnya benar-benar jernih, anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain di air laut atau snorkling. Yang menarik dari pulau ini adalah adanya mercusuar yang tingginya sekitar 50m, setiap pengunjung boleh naik ke atas mercusuar dan menikmati keindahan pulau Lengkuas dari ketinggian.





dan masih banyak lagi tempat tempat indah yang bisa kalian kunjungi di pulau Belitung. 

kalau pengen tau tentang pulau belitung secara real, buka aja video ini


Bagus kan tempat tempatnya? yaaa kalian gak perlu jauh jauh ke Hawaii untuk menikmati pemandangan pantai yang indah, di Indonesia juga ada kok. ya di PULAU BELITUNG   ini tepatnya.

segera rencanakan liburan seru kamu ke tempat tempat diatas, dijamin gak bakalan nyesel deh...


 CINTAILAH  INDONESIA


Sumber: 

0 komentar:

Posting Komentar