Sabtu, 16 November 2013

Trip To MAKASSAR... (part 1)

haloo.. pada pos kali ini saya akan bercerita tentang liburan saya ke Makassar pada saat libur kenaikan kelas kemarin.

Makassar terletak di pulau Sulawesi tepatnya ibukota Sulawesi Selatan. kota ini sangat terkenal dengan Pantai Losari dan kulinernya seperti coto makassar.

Saya ke Makassar bersama seluruh keluarga besar saya. Pukul 6 pagi pesawat saya sudah mendarat di Bandara Sultan Hassanudin Makassar. setelah dijemput oleh agen travel, tanpa menunggu lagi saya langsung berjalan-jalan menikmati indahnya kota makassar.

tempat pertama yang saya kunjungi adalah Benteng Fort Rotterdam. di dalam benteng ini terdapat museum yang menyimpan banyak benda benda bersejarah mulai dari zaman penjajahan. disini juga terdapat penjara yang ditempati oleh pangeran Diponegoro saat ditahan di Makassar.

pintu masuk benteng

museum di dalam benteng

tempat perkawinan adat setempat

miniatur kapal pinisi

bangunan di dalam benteng

benteng tampak dari atas

selanjutnya saya mengunjungi makam pangeran Diponegoro. disini terdapat makan pangeran Diponegoro beserta keturunannya, dan yang menjaga komplek pemakaman ini adalah turunan ke 4 dari pangeran Diponegoro. sebenarnya saya juga baru tahu kalau makam Pangeran Diponegoro ada di Makassar. hehehe
kemudian karena perut sudah berbunyi, kami ke sebuah restoran yang menyediakan masakan khas Makassar salah satunya adalah sup konro dan konro bakar. konro disini adalah iga sapi yang dipadu dengan kuah dan nasi putih.

setelah kenyang kami melanjutkan perjalanan ke museum Balla Lompoa. Museum ini terletak agak jauh dari pusat kota, yaitu di Kabupaten Gowa. di dalamnya terdapat benda benda bersejarah peninggalan kerajaan Gowa.

Makam Pangeran Diponegoro

Pintu masuk komplek makam

Museum Balla Lompoa

menggunakan baju pernikahan adat setempat
salah satu benda bersejarah di museum Balla Lompoa

setelah puas berkeliling, saya dan keluarga pun memutuskan untuk beristirahat sejenak di hotel. hotel yang saya tempati terbilang baru dan berada di tengah ruko ruko di pussat kota Makassar.

malam harinya kami pun makan malam di sebuah food court di depan benteng Rotterdam. food court tersebut menjual berbagai macam makanan baik yang tradisional maupun modern. kebetulan saat itu saya memesan cumi goreng tepung dan aneka makanan sea food lainnya, maklum di Makassar ini terdapat banyak sekali olahan seafood. uniknya food court disini berbatasan langsung dengan laut, sehingga pengunjung dapat menikmati indahnya laut Makassar.

perut sudah kenyang, waktunya untuk tidurr. karena sudah larut malam kami menyudahi jalan-jalan untuk hari ini dan harus menyiapkan tenaga untuk berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata lain di Makassar esok harinya.